Peternakan ayam yang ada di Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur ini berbeda dengan peternakan ayam pada umumnya. Selain ditempatkan di sebuah kandang yang sejuk dan bersih, ribuan ayam di dalamnya setiap hari ‘dihibur’ dengan alunan musik degung Sunda. Menurut H Arum Sabil, sang pemilik peternakan, hewan tidak beda dengan manusia, butuh kenyamanan. Sehingga ketika bertelur, hasil telurnya pun akan lebih banyak.
Memasuki area peternakan ayam milik ayah enam anak dan satu cucu ini, memang sangat berbeda dengan masuk ke kandang ayam pada umumnya. Di dalam kandang selebar 4 meter dengan panjang kira-kira 50 meter itu, ternak ayamnya benar-benar dikondisikan senyaman mungkin. Ribuan ayam itu ditempatkan di kiri dan kanan kandang, sementara tengahnya berupa lorong memanjang sebagai lintasan para petugas dan gerobak untuk mengangkut obat-obatan dan memanen telur di pagi dan sore hari.

Di dalam kandang jenis tertutup (close house) ini tak hanya rapi dan bersih, namun di dalam kandang yang sengaja dibuat dengan pencahayaan temaram itu sama sekali tak tercium bau kotoran ayam seperti kandang ayam pada umumnya. Tak hanya itu, di dalamnya ribuan ayam dimanjakan dengan suasana dan udara yang sejuk.

Kesejukan udara dengan temperatur 29 derajat celcius itu berasal dari sebuah blower penyedot udara berkecepatan tinggi berukuran besar, yang ditempatkan di ujung kandang yang terus berputar selama 24 jam penuh. Sementara dari sisi berlawanan ada peralatan pendingin mirip radiator mobil berisi air. Jadi di dalam kandang ini udaranya selalu sejuk, sebab angin terus bergerak dari ujung ke ujung kandang.

BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM

Yang membedakan lagi dan mungkin satu-satunya yang ada di Indonesia, ayam-ayam itu tak hanya diberi makan dan minum berkualitas tapi juga diberi ‘hiburan’ berupa alunan musik degung khas Sunda lewat loudspeaker berukuran besar. Suara musik khas Parahyangan itu terdengar cukup keras sehingga mengalahkan suara berisik ayam di dalam kandang maupun suara-suara lain di luar kandang. Musik Sunda itu akan terus mengalun sejak pukul 06.00 hingga 18.00 setiap harinya. Menjelang malam musik dimatikan,baru besok paginya diputar lagi sampai sore hari, demikian seterusnya.

H Arum Sabil yang dikenal sebagai petani dan peternak sukses tingkat nasional itu lalu menjelaskan, baik tanaman maupun hewan pada dasarnya sama seperti manusia, menyukai bunyi-bunyian yang bisa membuat dirinya nyaman dan tenang. Itulah yang menjadi salah satu pertimbangan kenapa ia memutuskan musick yang berirama merdu untuk ayam-ayam di kandangnya.

Petani dan peternak yang memiliki rumah megah di lahan pertanian seluas 30 hektar itu menguraikan, ia memiliki ide memberi ‘hiburan’ kepada ayam-ayam itu sudah sejak tahun 2008. Sebelumnya ia adalah peternak yang menggunakan tehnik tradisional seperti peternak pada umumnya.

Namun seiring waktu, ia menemukan kendala, ayam-ayam di kandangnya sangat peka terhadap suara keras. Ketika ada suara keras terdengar secara tiba-tiba, misalnya ada suara petir atau suara lain, akan berdampak cukup serius. Ribuan ayamnya akan mengalami stress. Padahal ketika ayam mengalami stress, akibatnya ayam tak mau bertelur. Mungkin kalau hanya satu-dua ayam yang stress, tidak menjadi masalah. Tapi kalau yang tidak bertelur jumlahnya ratusan ayam bahkan ribuan, pasti akan merepotkan juga. Tak hanya berdampak tidak bertelur saja, stress juga mengakibatkan ayam enggan makan dan minum.

Dari pengalaman itu, pria yang selalu mengenakan topi caping sebagai ciri khas penampilannya ini, lantas memutar otak. Kemudian menemukan solusi, yakni dengan cara memutarkan musik degung Sunda dengan volume cukup keras di sekitar kandang. Ia sengaja memilik musik Sunda, lantaran degung adalah jenis musik yang berirama merdu. Jadi bukan hanya manusia saja, hewan piaraan juga pasti tenang hatinya bila mendengarkan musik jenis itu.

Ternyata, cara yang diterapkannya itu efektif. Kini, kendati di musim hujan dan sering terdengar gelegar petir, ayam yang ada di dalam kandangnya tak lagi bermasalah, sebab di kesehariannya sudah terbiasa mendengarkan bunyi-bunyian bersuara cukup keras. Tokoh petani dan peternak ini memang tak bisa menghitung berapa persen peningkatan telur ayam, tanpa atau saat memakai musik. Tapi yang pasti, ada perbedaan hasilnya jadi lebih baik.

Dengan membuat perasaan ayam menjadi tenang, secara tak langsung kekebalan tubuh ayam semakin meningkat, sebab ayam bisa dengan lahap makan dan minum makanan yang disediakan. Selama ini, H Arum Sabil, yang juga menjabat Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia ini, berusaha untuk tidak terlalu banyak menggunakan obat-obatan kimiawi sebagai suplemen makanan atau minuman ternaknya. Sebab dengan pemberian obat kimia yang berlebihan akan berdampak pada kualitas telur yang dihasilkan.

Telur yang dihasilkan dari ayam yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan tambahan obat kimia yang berlebihan tentu tak baik bagi manusia yang mengkonsumsinya. Jika ada orang yang habis makan telur lalu tiba-tiba kulitnya jadi gatal, bisa jadi telur itu bersumber dari ayam yang terlalu banyak diberi makanan dengan obat-obatan kimia.

H Arum Sabil, yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya ini menjelaskan, ia selalu berusaha bereksperimen terlebih dulu untuk menghasilkan ternak yang lebih baik. Sebagai orang yang berlatar belakang tinggal di desa, ia berusaha mencoba memodernisasikan sesuatu yang tradisional, dan sebaliknya mentradisionalkan sesuatu yang modern.

Ia mengambil contoh, dengan memberi udara sejuk pada kandangnya dengan peralatan yang relatif modern dengan suhu tertentu, itu sebenarnya duplikasi dari peternakan tradisional. Ia mengamati sistem tenak di desa-desa bahwa ayam itu menyukai hidup dengan suhu udara yang sejuk dan angin semilir. Pola tradisional itu ia terapkan lebih modern kepada ayam di kandangnya dengan memasang blowerberpendingin.

Sebaliknya, ia juga mengadopsi sistem peternakan modern menjadi lebih tradisional dan bisa ditiru teknologinya. Salah satunya, pemberian alunan musik pada ayam. Sejatinya, itu adalah tehnik modern, tapi karena ia berasal dari desa, jadi perangkatnya coba ia sederhanakan dengan cukup memasang tape recorder.

Sementara soal kandang yang sama sekali tak berbau itu caranya cukup sederhana. Salah satunya, selain lingkungan harus selalu dibersihkan, di dalam kandang itu sendiri tidak boleh ada genangan air yang bercampur dengan kotoran ayam. Sumber bau itu muncul kalau kotoran dalam keadaan basah, tapi kalau dibiarkan kering, maka tidak ada penguapan yang menimbulkan bau.

Selain itu, ia sengaja membuat suasana peternakan nyaman supaya kelak anak-anaknya yang ingin mengembangkan peternakan bersemangat terlibat di dalamnya. Kalau kandang bersih dan rapih, siapa pun yang ingin belajar ternak jadi tidak jijik. Arum pun tak segan membagikan semua teknologi ternak kepada siapa pun apabila ada yang ingin mempelajarinya. Saat ini ia telah memiliki delapan kandang ayam dengan sistem close house (kandang tertutup).

Kendati sudah memperlakukan ayam ternaknya dengan baik, namun ia tetap melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk ternaknya. Jika ada ayam-ayam yang tak sehat, harus segera dilakukan pengobatan atau disingkirkan dari kandang agar tak menular ke yang lain.


BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM MODERN

Untuk menghasilkan telur yang maksimal, ia mengelola peternakan sebaik mungkin dengan cara mengelompokkannya menjadi beberapa bagian, yang harus terkontrol dengan baik.  Di antaranya melakukan manajemen kandang, manajemen udara atau suhu, manajemen pakan, manajemen air minum, serta ditambah lagi semua makanan atau minuman dilakukan seorganik mungkin. Kini dalam sehari, dari 30 ribu ekor lebih ayamnya mampu menghasilkan sekitar 3 ton telur. Dan dalam waktu dekat, Arum menargetkan mampu beternak 1 juta ekor ayam.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

1 comments:

  1. Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    ReplyDelete