Musim hujan sudah pasti mendatangkan manfaat sekaligus masalah. Manfaatnya adalah suasana menjadi lebih sejuk dan nyaman untuk ayam agar bisa memproduksi lebih banyak telur, namun jadi masalah karena musim hujan seperti ini bisa mendatangkan penyakit terutama penyakit flu ayam.
Penyakit pilek pada ayam dikenal sebagai penyakit influenza ayam, istilah nama yang lainnya adalah penyakit Infectious Coryza atau Snot. Penyakit ini dengan mudah bisa menyerang ayam pada umur berapapun dan semua macam ras.

BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM

Penyebab pilek ayam adalah bakteri Hemophilus gallinarum yang penularannya melalui kontak langsung antara ayam sakit dengan ayam yang sehat dalam satu kandang. Karena itulah ayam yang terkena sakit pilek ini harus segera dipisahkan dari ayam-ayam lainnya.
Kandang yang kotor dan tidak terawat akan mempercepat penyebaran penyakit bakteri ini.

Gejala Klinik
Gejala Kliniknya sangat mudah terlihat dengan rongga hidung ayam yang mengeluarkan lendir kental yang lengket dan berbau busuk. Ayam bersin-bersin dan mengguncangkan kepala untuk mengeluarkan cairan hidung. Kelopak matannya menjadi lengket.
Nafsu makan dan minum menurun sehingga terjadi penurunan produksi.
 
Pencegahan
Ayam yang sakit pilek dipisahkan dari kandang (kelompok) ayam yang sehat.
Jangan mencampur ayam yang umurnya berbeda.
Kandang dan lingkungan harus selalu dalam keadaan bersih.
Usahakan dalam kandang terkena sinar matahari.
 
Pengobatan
Obat kimia yang bisa digunakan biasanya adalah antibiotik misalnya eritromisin untuk membunuh kumannya, kemudian ditambah obat-obatan lain yang bertujuan untuk mengurangi lendir yang keluar dari hidung ayam dan mempercepat kesembuhan ayam.

BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM MODERN
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: